Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarrukmo Yogyakarta
this site the web

Obyek wisata belanja yogya "pasar Klitikan":

Pasar Klitikan adalah salah satu obyek wisata belanja tradisional yg sangat spesifik dan unik di Yogyakarta yang dibangun pemerintah kota Yogyakarta dengan desain bangunan gedung berlantai dua area yg cukup luas dan memadahi khususnya bagi pedagang tradisional yogya. Lokasi terletak kawasan Kuncen yogyakarta barat. Mengapa pasar Klitikan bagi para pedagang2 kecil ini diperhatikan dan difasilitasi oleh pemerintah Kota ...? Pasar klitikan yg asal mulanya muncul di kawasan sepanjang monumen tugu mengarah keselatan sampai Stasiun KA Tugu daerah pasar kembang. Sebelum dipindahkan kawasan itu sangat ramai pada sore dan malam hari khususnya remaja yg suka jual beli berbagai macam jenis barang2 rongsokan atau barang habis pakai dengan harga yg relatif sangat murah,sedangkan kemungkinan barang tsb masih layak pakai. Bahkan konon berkembang terjadi jual beli barang2 yg relatif masih baru karena mungkin barang2 baru bekas curian yg tdk tau asal usulnya. Kawasan Tugu keselatan hampir setiap sore dan malam hari ramai sekali, mengakibatkan kemacetan pada hal jalan tsb adalah satu2nya jalan protokol menuju ke Malioboro dari daerah utara yaitu jl. Mangkubumi. Karena semakin lama semakin padat itulah kemacetan total tdk bisa dihindarkan, shg timbul usaha pemerintah kota untuk segera memindahkan pasar klitikan tsb ke lokasi sekarang ini di kawasan kuncen. Tujuan utamanya adalah untuk mengalihkan keruwetan dan kemacetan lalulintas di jl Mangkubumi itu. Mula2nya memang terjadi suatu perdebatan adanya pro dan kontra thd kebijakan tsb khususnya dari para pedagang it sendiri.
Namun sekarang ini para pedagang sdh dapat menikmati manfaatnya mendptkan tempat yg layak memadahi, nyaman tidak takut di kejar2 satpol PP seperti pada saat di kawasan jalan Mangkubumi sebagai jalan protokolnya Yogya. Namun keberadaan Pasar Klitikan itu sendiri sampai saat inipun ternyata banyak sebagian masyarakat yogya yg belum pernah melihat dan mengetahui bagaimanakah situasi pasar Klitikan yg sekarang sudah banyak dikenal dari kota2 lain. Hal yg serupa seperti halnya di kota Solo ada sejenis pasar klitikan yg dikenal dengan Pasar Triwindhu yaitu pusatnya penjualan barang2 bekas dan kuno atau barang2 antique yang banyak dicari oleh para penggemarnya. Insan Pariwisata yogya memang perlu mengetahui lebih jauh keberadaan Pasar Klitikan ini shg mampu memberikan informasi kepada wisatawan yg membutuhkan informasi lebih jauh. Barang2 yg diperdagangkan di Pasar Klitikan sangat beragam dari alat2 bekas pakai dari alat rumah tangga, alat2 komunikasi HT, hand phone, jam tangan kuno, pakaian jadi, sepatu, dan barang2 antik seperti keris pusaka, tombak, wesi aji, batu2an akik , guci dan piring2 keramik, utamanya spare part kendaraan roda dua bahkan sampai casette2 radio, VCD & CD yg masih banyak penggemarnya.
Last but not least ...... STiPrAm peduli dengan fenomena ini ikut mengembangkan luaskan informasi bagi Pariwisata daerah dan memahami substansi kompetensi SDM pariwisata yg memiliki wawasan seluas2nya, sbg insan Pariwisata sejati, ..... semangat Full !

pais.doc

1 komentar:

Wheni Sri Rezeqi mengatakan...

Good info, sir... Thx:)Sy sdh lama sekali pengen kesana tp blom ada kesempatan. Btw, buka nya jam berapa,Pak Is?